Minggu, 24 Februari 2013

Anjing Collie

Anjing Collie

Anjing Collie
Anjing Collie adalah anjing penjaga yang baik serta menurut pada majikannya. ada 2 type anjing collie yakni rough collie serta smooth collie, tetapi ada juga campuran keduanya yakni mix collie yang berbulu panjang serta mempunyai badan yang lebih pendek. rata-rata berat anjing collie bekisar pada 10 – 25 kg, serta terhitung anjing yang mempunyai tubuh tengah. disamping di pakai untuk anjing penjaga, nyatanya anjing ini juga kerap dipakai untuk show didalam acara fashion serta diajak berjalan-jalan diatas panggung.
anjing type collie ini tergolong anjing cerdas serta gampang untuk dilatih saat melakukan banyak perihal. hingga tidak salah apabila type anjing ini jadikan sebagai anjing keluarga.
Kelemahan type anjing ini yaitu amat peka pada sebagian obat, layaknya ivermectin, dan sebagian antibiotik, opioid serta steroid. hingga butuh kehati-hatian saat menerapkan type obat untuk anjing collie. memanglah tidak seluruh anjing collie layaknya itu, tetapi persentase hypersensitif pada type obat pada anjing collie amat besar. perihal ini di pengaruhi problem cacat gen yang ditengarai oleh beberapa pakar pada mdr1.
efek nyata pada pemberian ivermectine pada ras collie bisa menyebabkan shok-anafilaksis apalagi dapat menjurus kematian pada anjing tersebut. anjing ini lain dari type anjing yang lain didalam perihal gen p-glikoprotein hingga pemberian sedikit saja ivermectine bisa mengakibatkan problem baginya.
Gen p-glikoprotein ini berperan supaya obat layaknya ivermectine keluar dari sistem saraf pusat hingga tidak menyebabkan racun di otak atau jaringan tubuh lain pada pasien. perihal ini pulalah yang bisa menjelaskan kenapa anjing colli tidak bisa di suntik atau diberikan ivermectine. anjing type colli mempunyai kurang p-glikoprotein hingga ivermectine dapat terakumulasi lama di otak serta mengakibatkan keracunan pada otak tersebut. fenomena ini juga tidak cuma untuk ivermectine namun juga berlaku pada toxicitas loperamide ( obat didalam imodium ). memanglah tidak seluruh anjing type colli ini kurang gen p-glikoprotein, tetapi nyaris separuhnya mempunyai keadaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar